5 Cara Agar Hubungan Jarak Jauh Tetap Langgeng

Standard

Menjalin hubungan jarak jauh adalah sebuah tantangan besar dalam percintaan. Ada sebagian pasangan yang sukses menjalaninya, tapi ada pula yang akhirnya memilih putus karena kendala jarak.

Pakar percintaan Dr. Terri Orbuch, Ph.D mengungkapkan, jarak semestinya tidak dijadikan sebagai kendala dalam menjalin hubungan asmara. “Anda tinggal di kota yang berbeda atau pasangan yang pindah ke luar kota karena pekerjaan itu merupakan masalah biasa,” ungkapnya.

1. Melihat Jarak Sebagai Keuntungan
Orbuch menyuruh Anda dan pasangan untuk menuliskan keuntungan dari hubungan jarak jauh. Menurut Orbuch keuntungannya adalah memiliki waktu lebih untuk bersama keluarga dan teman-teman, berkesempatan untuk belajar berkomunikasi lebih baik, dapat beristirahat di akhir pekan, meningkatkan individualitas Anda sendiri, seperti menjalankan hobi, membaca buku atau berolahraga.

2. Saling Menjelaskan Keinginan
Hubungan jarak jauh memang sering mengalami kendala karena perbedaan ekspektasi. Jadi, masing-masing pasangan harus mengetahui keinginannya sendiri maupun keinginan pasangan.

“Ini mungkin akan sulit dan aneh jika dipertanyakan kepada pasangan, tapi akan menjauhkan Anda dari sakit hati dan kesalahpahaman,” ujar Orbuch.

Anda bisa membicarakan bagaimana dan kapan dia akan mengunjungi Anda atau sebaliknya. Tanyakan juga bagaimana komunikasi terbaik yang harus dilakukan apakah lewat telepon, BBM, skype atau SMS.

3. Memiliki Tujuan Akhir
Orbuch menyarankan agar pasangan berbicara tentang masa depan hubungan mereka dan kapan Anda akan bersama dalam satu kota. Orbuch menjelaskan ini akan membantu untuk mendapatkan kesepakatan bersama dan Anda menjadi tahu seberapa lama harus menunggunya.

4. Komunikasi Setiap Hari
Entah itu komunikasi lewat telepon, pesan singkat atau video call. Orbuch menilai semuanya sama saja yang terpenting komunikasi harus dilakukan setiap hari. Meskipun berjauhan tapi akan sangat baik jika dia mengetahui hari-hari Anda sampai baju yang Anda gunakan hari itu. Begitupun dengan si dia yang bercerita tentang hari-harinya di luar kota. Komunikasi setiap hari akan memperkuat keintiman satu sama lain.

5. Mengunjungi Satu Sama Lain
Jika bulan ini ternyata si dia tidak bisa meninggalkan pekerjaannya dan tidak bisa pulang, jangan langsung marah. Anda juga perlu usaha, jika dia tidak bisa mengunjungi Anda, mengapa Anda yang tidak datang ke kotanya. Dengan rutin bertemu akan menjaga hubungan dari kecurigaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s